SISWI SMAGB KEMBALI BANGGAKAN PONTIANAK : Juara II LKTI Nasional di Universitas Brawijaya

Setelah berhasil lolos sebagai salah satu  finalis dari 12 finalis yang harus mempresentasikan dan  mempertahankan hasil Karya Tulis Ilmiah (KTI) mereka di Babak Final Lomba KTI  di Ajang Chemistry Carnaval (CC) Tingkat Nasional Tahun 2016 yang diselenggarakan Jurusan Kimia FMIPA Universitas Brawijaya (UB) Malang tim Yessica Chelsea Horax dan Della Angelina berhasil keluar sebagai Juara Kedua. Kegiatan final LKTI ini sendiri berlangsung pada 18-21 November 2016 yang lalu,di Gedung MIPA Center UB, Malang.

Disambangi di Laboratorium Kimia, Winny Kuriniawan, S.Si, M.Si. selaku guru KTI dan Kimia, menuturkan Kegiatan Chemistry Carnaval yang diselenggarakan oleh UB tahun ini ada dua jenis lomba, yaitu Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) dan Lomba Kreativitas Daur Ulang (LKDU), yang diikuti Yessica dan Della adalah LKTI. LKTI Tahun 2016 ini mengangkat tema besar pemanfaatan sumber daya alam lokal yang berwawasan lingkungan atau limbah. Ada sebanyak 284 tim dari seluruh Indonesia yang mengikuti LKTI Nasional ini” lanjut pria alumni S-2 Kimia FMIPA UNTAN ini.

Ditanya mengenai subtema apa yang diangkat pada LKTI kali ini, kedua siswi yang masih duduk dibangku Kelas XI MIPA Plus menceritakan “Kami bersama Della mengangkat pemanfaatan kulit jeruk Pontianak  yang dijadikan obat herbal”, ungkap Yessica merupakan Ketua KIR SMA GB dan bercita-cita jadi dokter mengikuti jejak ayahandanya, Dokter Jonni Horax. Disinggung mengenai proses penjurian di babak final, Della menceritakan “Pada September-Oktober yang lalu kami mengikuti penilaian makalah dan terpilih menjadi finalis. Kemarin merupakan babak final berupa presentasi dan tanya jawab, setiap tim di uji oleh 5 juri yang merupakan para pakar di bidang Kimia Analitik, Kimia Anorganik, Kimia Fisika, Kimia Organik dan Biokimia”, papar Della yang merupakan putri Liu Seng Ju. Ditanya mengenai perasaan mereka saat presentasi Yessica menceritakan, “Presentasinya cukup menegangkan, sebab kami harus bisa menyelesaikan presentasi  dalam waktu 10 menit, tapi bagian tanya jawab tidak terlalu sulit berkat latihan dan pengetahuan  yang telah diajarkan oleh pak Winny”, pungkas Yessica.

Ditengah perayaan hari guru dan persiapan Ulangan Akhir Semester, Kepala SMA GB Lusianna Br Tarigan,S.Pd mengucapkan banyak terima kasih kepada orangtua, dewan guru dan pengurus yayasan yang telah mendukung prestasi ini.

sma-gb-lkti-brawijaya-2016_1

Selain prestasi LKTI tingkat nasional, pada saat saat yang hampir bersamaan Hedwigis Novellindu Hening Kelas XI IPS Reguler mempersembahkan Medali Perunggu Lomba Tenis Meja pada ajang Pekan Olahraga Pelajar Wilayah II (POPWIL). Wilayah II meliputi provinsi Bengkulu, Lampung, Sumsel, Kalbar, Jabar dan DKI Jakarta.  Putri dari Asriyadi Alexander SH ini, berhak mewakili Wilayah II ke jenjang nasional cabang Tenis Meja, yaitu POPNAS di tahun 2017.

Prestasi lainnya yang berhasil diraih di bulan November ini adalah keberhasilan Natasia dan Cindy Silvani kelas XII MIPA Reguler, menjadi Juara I dan III Lomba Bidang Studi Kimia (LBSK) HIMKI FMIPA UNTAN Tingkat Kota Pontianak, dan akan menjadi wakil Kota Pontianak di ajang LBSK tingkat Propinsi Kalbar bersama delapan siswa SMA lainnya.

“Kami persembahkan prestasi-prestasi ini sebagai Kado Peringatan Hari Guru dan Peringatan HUT PGRI Ke-71. Semoga bisa menjadi motivasi bagi pelajar lainnya dan membuat Pontianak semakin bangga. Selamat HUT PGRI dan Hari Guru Nasional Tahun 2016” pungkas kepala sekolah yang akrab disapa Suster Fransiska,SFD.