KIR SMA GB Berhasil Raih Medali Emas di OPSI 2017 Malang

Usaha dan perjuangan  Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) SMA Gembala Baik (SMA GB) pada ajang  Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) 2017 akhirnya berbuah manis dengan disabetnya Medali Emas pada Final OPSI Tingkat Nasional yang berlangsung di Malang, 8-14 Oktober  yang lalu. Medali Emas sekaligus absolute winner (nilai tertinggi) ini dipersembahkan oleh Yessica Chelsea Horax dan Della Angelina yang merupakan siswi kelas XII MIPA.

OPSI merupakan event tahunan bagi siswa-siswi SMA untuk menumbuh kembangkan karakter ilmiah  yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan  SMA, Dirjen Dikdasmen Kemdikbud RI. OPSI 2017 dengan #MENELITI ITU SERU awalnya akan diikuti  oleh 3000-an tim dari seluruh Indonesia, tetapi karena tahun ini sistemnya agak berbeda dan lebih ketat seleksinya, akhirnya babak penyisihan hanya diikuti oleh kurang lebih 2000-an tim yang terbagi menjadi tiga bidang kategori penelitian. Lebih detil Winny Kurniawan, S.Si.,M.Si selaku guru pembimbing KIR SMAGB  menceritakan , “Finalis OPSI 2017 ada 90 tim, dimana bidang Sains-Teknologi ada 38 tim,  bidang Matematika-Rekayasa ada 22 tim, dan Sains-Humaniora ada 30 tim. KIR GB yang menjadi finalis dari bidang Sains –Teknologi”

KIR SMA GB di OPSI 2017_1

Ditanya tentang inovasi apa yang ditawarkan dalam penelitiannya, Yessica  putri dr.Jonni Horax/Agustina selaku Ketua Tim mengungkapkan bahwa tema yang diangkat adalah energi terbarukan “Penelitian kami untuk OPSI 2017 ini mengangkat tentang pemanfaatan sekam padi dan tongkol jagung untuk fuel cell”. Mengenai proses penjurian, Della (putri Liu Seng Ju / Ng Nguan Cu) sebagai Anggota Tim menceritakan “Penilaian babak final dibagi dua tahap, yaitu penilaian pameran poster atau pameran ilmiah yang disertai tanya jawab dan tahap kedua penilaian presentasi yang disertai tanya jawab dihadapan 7 anggota dewan juri pakar ”.

Di samping mendapat medali emas, KIR SMAGB juga diundang oleh pihak Kemdikbud RI untuk mengadakan pameran sains yang  akan dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo di Balai Kartini pada akhir Oktober ini.  “Selain pameran  sains di Balai Kartini, tim KIR SMAGB juga berhak mengikuti seleksi  ke  ajang  IntelInternational Science and Enggineering Fair (Intel-ISEF) 2018 yang akan berlangsung di Pittsburgh, Pennsylvania, Amerika Serikat” pungkas Winny alumni S2 Kimia FMIPA Untan.

KIR SMA GB di OPSI 2017_2

Ditemui setelah acara penyambutan siswa berprestasi, Kepala SMA GB Lusianna Br Tarigan,S.Pd. mengungkapkan rasa syukur dan terima kasihnya. “Terima kasih kepada pastor –pastor  Yayasan, Bapak Walikota Pontianak,  dewan guru, orang tua siswa, serta pengawas pembina yang terus memotivasi siswa-siswi untuk terus berprestasi”, ucap kepala sekolah yang juga seorang biarawati Fransiskan . “Secara khusus prestasi ini kami persembahkan kepada Kota Pontianak yang akan berulang tahun pada 23 Oktober 2017. Semoga prestasi ini semakin dapat mengharumkan nama daerah dan Kota Pontianak di kancah Nasional dan Internasional. Selamat HUT Kota Pontianak ke-246, Semoga Kota Pontianak Semakin Maju, Nyaman, Aman, dan Luar Biase ” pungkas  Suster Fransiska (SFD).