Webinar UPH & STIKes Panti Rapih Bagi Siswa dan Orangtua-Wali SMA Gembala Baik Pontianak

Webinar Anti Bullying – Universitas Pelita Harapan (UPH)

Dalam rangka menyemarakkan HUT SMA Gembala Baik yang ke-36, pihak sekolah bekerja sama dengan Universitas Pelita Harapan (UPH) mengadakan kegiatan webinar bagi siswa-siswi kelas XI pada hari Kamis, 7 April 2022 lalu. Kegiatan yang dilaksanakan menggunakan platform zoom tersebut mengangkat tema “Membudayakan Anti Bullying di Lingkungan Sekolah” yang disampaikan oleh Ibu Helsa, M.Psi., Psi. satu di antara dosen Fakultas Psikologi di Universitas Pelita Harapan (UPH) Jakarta.

Webinar Membudayakan Anti Bullying di Lingkungan Sekolah

Budaya anti bullying di lingkungan sekolah bertujuan memberikan pemahaman kepada siswa contoh tindakan bullying, apa saja faktor penyebab, dampak bagi korban dan pelaku serta bagaimana upaya mencegah dan mengatasi perilaku bullying. Selain peran serta sekolah, para siswa juga diharapkan mampu menciptakan suatu lingkungan pendidikan yang aman, nyaman dan memiliki cinta kasih terhadap orang lain terutama mereka yang lemah baik secara fisik maupun psikologis. Diharapkan setelah mengikuti kegiatan webinar ini, dapat membuka wawasan dan pengetahuan siswa-siswi SMA Gembala Baik sehingga dapat mencegah dan terhindar dari perilaku bullying di lingkungan sekolah.

Webinar Internet Adiksi – STIKes Panti Rapih Yogyakarta

Masih dalam rangkaian menyemarakkan HUT SMA Gembala Baik ke-36, kali ini pihak sekolah bekerja sama dengan STIKES Panti Rapih Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan webinar untuk siswa-siswi kelas X beserta orang tua dan wali siswa dengan tema “Mengenal dan Mencegah Internet Adiksi serta Insomnia di Kalangan Remaja”. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Selasa, 12 April 2022 dan hari Jumat, 22 April 2022, dengan modertor Ibu Marsela Yulita, S.Pd., M.Sos. dan Ibu Meiriza Krisanta Lipa Langoday, S.Psi. sedangkan sebagai pemateri, Bapak Paulus Subiyanto, M.Kep., Sp.K.M.B. beserta Ibu Cecilia Indri Kurniasari, Ns., M.Kes. yang merupakan dosen di STIKES Panti Ratih Yogyakarta.

Kemudahan yang ditawarkan oleh IPTEK bagaikan pisau bermata dua. Pada satu sisi meningkatkan kualitas hidup manusia namun pada sisi lain menimbulkan kelekatan, kecanduan, dan penyalahgunaan yang menurunkan kualitas hidup manusia juga. Maka dari itu, siswa-siswi SMA Gembala Baik diharapkan bijak menggunakan internet untuk hal yang produktif, konstruktif,dan transformatif.